Jumat, 13 Maret 2015

STOP SMOKING : Bahaya dan Akibat Rokok














                                                                                                                                                  





we-lifestyle.blogspot.com merokok merupakan hal yang wajar di indonesia. hal ini sangat sulit 
dirubah, dikarenakan banyak yang beranggapan jika tidak merokok sehari saja mulut rasanya berbeda, terutama di kalangan pria. akan tetapi, sebenarnya merokok itu merupakan hal yang sangat harus di hindari, mengapa ? karena banyak sekali hal hal negatif yang didapat dari rokok tersebut. Padahal di kemasan rokok dan di iklan iklan telah ditulis bahaya merokok, hanya saja banyak yang tidak menghiraukannya, apalagi di televisi dan di bungkus rokok tersebut sudah di peringati dengan pesan "Merokok Membunuhmu"

apa saja sih kandungannya serta dampak akibat rokok dan bagaimana cara mengatasinya ?

dampak dari merokok sangat banyak, dan sangat merungikan tidak hanya si perokok itu sendiri yang merasakan dampaknya, akan tetapi orang disekitarnyapun akan terkena akibat dari bahaya rokok tersebut. apa saja sih yang terkandung dari rokok tersebut sehingga kita harus menghindarinya :


Nikotin
Nikotin merupakan racun saraf yang potensial dan di gunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida. Pada konsentrasi rendah, zat ini dapat menimbulkan kecanduan, dan meyebabkan pembekuan darah di dinding arteri.


Tar
Tar dapat menempel di paruparu dan membunuh sel darah, yang terdiri dari lebih dari 4.000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik ( yang memicu pertumbuhan sel kanker )


Karbon monoksida
bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor. yang dalam rumus kimianya adalah Co2


Hidrogen sianida
racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.


Formaldehida
cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.


dan masih banyak lain zat lainnya yang berbahaya seperti metanol, benzene, arsenik, asititelna, cadmium, sianida, dll. akan tetapi hanya nikotin dan tar saja yang di tulis dalam bungkus rokok.

dari semua kandungan berbahaya tersebut, pasti anda ingin tau dong apa sih dampak/akibat yang di dapat dari merokok tersebut, berikut saya berikan penjelasan akan dampak dari kandungan yang di akibatkan oleh rokok tersebut :


1. Kanker
 Merokok dapat menyebabkan sekitar 90% kematian akibat kanker paru-paru pada pria serta 80% pada wanita. Resiko kematian karena faktor kanker paru-paru dapat 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita yang merokok dibandingkan pada mereka yang bukan tidak merokok.

Pada sebuah riset menunjukkan bahwa bukan perokok yang tinggal bersama perokok memiliki resiko 24% lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker paru-paru dibandingkan bukan perokok pada umumnya. Bahaya merokok juga dapat menyebabkan kanker kantung kencing, ginjal, faring, esopagus, rongga mulut, serviks, pita suara, pankreas, dan perut.

  
2. Gangguan Pernafasan
Akibat merokok dapat meningkatkan resiko kematian disebabkan penyakit paru-paru yang kronis seperti bronkitis/PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik). Sekitar 85% kematian karena penyakit paru-paru kronis disebabkan karena merokok


3. Serangan Jantung
Detak jantung akan lebih cepat dan meningkatan tekanan darah dikarenakan jantung bekerja extra mempompa lebih cepat dan jika salah satu pembuluh darah benar-benar terblokir, serangan jantung mungkin dapat terjadi.


4. Impotensi
Akibat penyempitan pembunuh darah perifer, peredaran darah didalam tubuh menjadi terganggu, dan hal ini menyebabkan pembuluh darah yang berada di reproduksi pria menjadi tidak berungsi dan mengakibatan disfungsi ereksi. maka dari itu hal tersebut bisa menjadi peringatan dini dari berbagai penyakit yang merusak organ tubuh lainnya seperti diabetes, berbagai jenis kanker, gangguan kehamilan hingga kebutaan.



Cara Mengatasinya



1. Berkomitmen
yang terutama bagi para pecandu rokok adalah berkomitmen, mempunyai niat dan tekad untuk berhenti dari merokok, memang tidak mudah, akan tetapi jika kita berkemauan besar pasti tidak ada hal yang tidak mungkin.


2. Minta Bantuan Teman atau Keluarga
Beritahu teman dan keluarga keinginan untuk berhenti merokok,  dan minta kepada teman atau keluarga anda yang memang pencadu rokok untuk tidak merokok di hadapan anda. saya yakin teman dan keluarga anda pun akan senang jika anda bisa berhenti untuk merokok.


 3. Dimulai bertahap
jika anda tidak dapat langsung mengstop kebiasaan merokok tersebut, anda bisa melakukannya secara bertahap, mulai kurangi jumlah rokok yang dihisap, dan jadwalkan secara berkala agar dapat di kontrol dan terjaga.


4. Jauhi keinginan untuk merokok
Lupakan ketergantungan anda kepada rokok, dan coba untuk mencari aktivitas lain ketika stress tersebut datang, seperti mencari udara segar, jalan jalan di taman, berolahraga ataupun kesibukan lainnya.



5. Minum air putih
Biasakan untuk lebih banyak meminum air putih, karena hal tersebut dapat membersihkan racun yang berada di dalam tubuh, menjaga tubuh menjadi lebih sehat, dan pastinya dapat membantu untuk menghentikan kebiasaan merokok.


6. Tetap Optimis dan Positif
Walaupun anda sudah mempunyai tekad dan kemauan, tetapi anda masih tetap berpikiran pesimis atau negatif, hal tersebut tidak akan berguna karena anda akan stress dan depresi akan apa yang anda perjuangkan, maka dari itu terus tanamkan rasa optimis dan positif dan berpikirlah untuk mulai menjaga kesahatan mulai dari sekarang.

Sekian info dari kami, semoga bermanfaat atas bahaya dan akibat dari rokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar